Minggu, 08 Mei 2011

Apa pengaruhnya deterjen terhadap perkecambahan biji?????

Jawaban Terbaik - Dipilih oleh Suara Terbanyak

membuat lapisan epidermis yang menghitam dan tidak adanya rambut-rambut akar. (itu kalo detergennya diberikan dalam kadar yg kecil, kalo kelebihan ya pasti tanamannya mati :) )

ini dari perpustakaan jurusan biologi itb:

Pengaruh Alkilbenzena Sulfonat Linier (LAS) terhadap perkecambahan dan pertumbuhan Vigna radiata (L.) Wilczek varitas Walet

Oleh: Rina Farida
Perpustakaan Departemen Biologi

Telah dilakukan penelitian mengenai pengaruh Alkilbenzena Sulfonat Linier (LAS), suatu bahan aktif deterjen, terhadap perkecambahan dan pertumbuhan tanaman kacang hijau, Vigna radiata (L.) Wilczek , varitas Walet. Uji perkecambahan dilakukan dalam dua kelompok. Pada kelompok I biji mula – mula direndam dengan aquadm, kemudian dengan LAS, sedangkan pada kelompok II biji direndam langsung dalam larutan LAS. Biji dari kedua perlakuan tersebut ditempatkan dalam cawan petri yang telah diberi LAS dengan konsentrasi 0 ppm, 250 ppm, 500 ppm, 750 ppm, dan 1000 ppm sebanyak 5 ml, dan kemudian disimpan dalam gelap pada suhu kamar selama 2 x 24 jam. Persentase perkecambahan dihitung pada hari pertama, dan selanjutnya kecambah digunakan untuk pengamatan pengaruh LAS terhadap panjang dan struktur anatomi radikula dengan pembuatan preparat awetan (metode parafin dan pewarnaan Hemalum Mayer). Pada uji pertumbuhan, setelah biji direndam dalam aquadm selama 24 jam, biji disemai di dalam pot berdiameter 30 cm. Pada umur 7 hari, tanaman disiram dengan larutan LAS 250, 500, 750, 1000 ppm dan tanaman kontrol disiram dengan aquadm. Penyiraman dan pengamatan dilakukan sampai tanaman berumur 28 hari. Hasil analisis statistik menunjukkan bahwa persentase perkecambahan, luas daun dan panjang internodus pertama tidak berbeda nyata antara kontrol dengan seluruh perlakuan. Panjang radikula berbeda nyata antara kontrol dan perlakuan, tinggi tanaman hanya berbeda pada kontrol dan perlakuan 1000 ppm, sedangkan berat kering tanaman berbeda nyata antara kontrol dengan perlakuan 750 ppm dan 1000 ppm. Pengamatan sayatan melintang radikula yang diperlakukan dengan: AS menunjukkan lapisan epidermis yang menghitam dan tidak adanya rambut-rambut akar.

materi referensi:

perpus digital itb

0 komentar:

Poskan Komentar