Senin, 16 Mei 2011

bahaya kentaang goreng terhadap ibu hamil

Jika anda wanita dan sedang hamil atau menyusui, sebaiknya hindari kentang goreng dari restoran siap saji, keripik kentang, serta makanan-makanan lain yang mengandung zat kimia akrilimida dalam labelnya. Zat kimia tersebut selama ini sering disebut-sebut sebagai salah satu penyebab penyakit KANKER. Selain itu, laporan hasil penelitian para ahli Instutute of Biochemical and Pharmaceutical Jerman menyebutkan akrilimida juga sangat berbahaya bagi janin serta bayi yang baru lahir karena dapat mengakibatkan kerusakan pada otak.

Sekitar 10 - 50 % akrilimida yang ada dalam darah ibu mengalir ke dalam darah janin melalui plasenta dan 18,8 mikrogram perliter akrilimida dalam air susu ibu masuk ke dalam darah bayi yang baru lahir. Dengan demikian, jika seorang bayi yang baru lahir meminum setengah liter air susu sibu yang mengandung akrilimida dalam sehari, itu sama artinya dengan memasukkan sekitar 10 mikrogram zat tersebut ke dalam darah si bayi. Apakah Anda mau bayi kesayangan anda kemsukan zat pencetus kanker gara-gara anda????

Jadi sebaiknya ibu-ibu hamil dan menyusui sebaiknya membatasi konsumsi akrilimida tidak lebih dari 20 mikrogram perhari (setara dengan sekitar 10 gram keripik kentang).

Tapi bisa diingat bahwa kentang yang direbus atau dipanggang tidak perlu dihindari oleh ibu-ibu hamil atau menyusui. Begitupun dengan kentang yang digoreng dengan minyak panans bersuhu dari 180 derajat celcius tidaklah perlu dikawatirkan. Karena kandungan akrilimida dalam kentang-kentang itu sangat rendah sehingga aman untuk dikonsumsi.

Alangkah lebih bijaksana anda memiliki konsep bahwa "lebih baik mencegah daripada mengobati". Artinya, mulai sekarang anda bisa batasi konsumsi kentang yang mengandung akrilimida....

INGAT, AKRILIMIDA ITU ZAT PENCETUS KANKER dan MERUSAK OTAK.

0 komentar:

Posting Komentar